Serba-serbi Sheet Mask, Boleh Pakai Tiap Hari?

Bonjour Babys!

Pasti sudah gak asing dong dengan jenis masker yang satu ini? Yup, sheet mask, memang lagi hype banget dari tahun lalu. Apalagi dengan meningkatnya kepopuleran korean wave, termasuk drama korea, keberadaan sheet mask ini tentunya juga makin populer.

Banyak orang yang menggemari sheet mask ini karena pemakaiaannya yang super praktis tanpa harus membilas wajah sesudah pakai masker.

Jadi mari kita lebih mengenal sheet mask!

Apa sih sheet mask itu?

Sheet mask ialah jenis masker wajah dengan bentuk lembaran (sheet) kertas, katun, selulosa ataupun pulp kelapa. Jadi, lembaran tadi sudah diproses sedemikian rupa dan ia mengandung bahan utama air dan serum. Di tiap variannya, tentu saja punya kandungan bahan yang lebih kompleks sesuai dengan manfaat yang ditawarkan, seperti vitamin, minerals, ekstrak buah, protein dsb.

Baca juga ya Babys Serba-serbi Claymask yang Wajib Kamu Tau! Musuh Minyak di Wajah!

Perbedaan yang cukup signifikan antara sheet mask dan masker lainnya (clay, cream, dll) adalah masker ini hanya bisa dipakai satu kali, kemudian dibuang. Selain itu, sheet mask ini super praktis karena setelah dipakai, kandungan serum dibiarkan meresap kedalam kulit wajah, tanpa perlu dibilas.

Pemakaian sheet mask pada malam hari sangat disarankan, guna lebih mempersiapkan kulit sehat untuk bisa beraktivitas esok harinya Babys.

Manfaatnya apa aja?

Umumnya, manfaat utama yang diberikan sheet mask adalah kelembaban intensif pada kulit wajah kamu. Wajah akan terhidrasi dengan baik dan menjadi kenyal, tampak sehat, serta tidak kering. Kandungan lainnya seperti vitamin, minerals, ekstrak buah, dan protein juga akan menambah manfaat yang lebih sesuai kegunaannya..

Contohnya nih, sheet mask dengan kandungan tea tree akan dapat membantu penyembuhan jerawat, sedangkan lemon dan vitamin C akan bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang kusam.

Tips sebelum membeli sheet mask:

1. Kenali dulu jenis kulit kamu ya Babys.

Hal ini pastinya sudah jadi basic banget sebelum membeli produk kecantikan, pastikan kamu tahu jenis kulit kamu itu kering, normal, berminyak, atau kombinasi. 

Jika kering, disarankan untuk memilih sheet mask yang masih mengandung pelembab seperti aloe vera, madu, vitamin E, dsb.

2.  Sesuaikan varian dengan kebutuhan kamu.

Karena ada banyak sekali varian sheet mask dari berbagai merek, akan lebih baik jika kamu menyesuaikannya dulu dengan kebutuhan kulit kamu. 

Jika kulit kamu sedang kusam, pilihlah sheet mask dengan kandungan mencerahkan. Sedangkan jika kulit kamu sedang berjerawat, pilihlah varian sheet mask yang mengandung bahan aktif penyembuh jerawat

3. Siap-siap trial and eror

Sheet mask juga merupakan rangkaian skincare, jadi tidak semuanya akan cocok sama kulit kamu Babys. Seperti biasanya, cocok-cocokan. 

Pastikan kamu benar-benar memperhatikan kandungan dan bahan aktifnya, hindari kandungan yang menyebabkan alergi dan pemicu iritasi pada wajah kamu ya Babys.

Jadi, apakah sheet mask boleh dipakai tiap hari?

Melansir dari pernyataan dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK di laman hellosehat, sebenernya memang gak ada batasan dalam pemakaian sheet mask itu sendiri dan kebanyakan telah dibuat aman untuk daily use. 

Tapi menurut dr. Dikky, mungkin lebih baik kalau pemakaiannya hanya satu sampai dua kali seminggu, karena sheet mask mempunyai kandungan beragam dan kadang sifatnya cenderung oklusif atau dapat menghambat penguapan air di permukaan kulit.

Jadi, kalau digunakan setiap hari, ditakutkan kulit wajah kamu akan sulit bernapas. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan skincare harian kamu seperti pelembab, toner, essence, ampoule, dsb. untuk menghidrasi dan melembabkan kulit kamu ya Babys.

Baca juga ya Babys [REVIEW] FREEMAN Anti-Stress Dead Sea Minerals: Masker Lucu dengan Berbagai Manfaat!

Nah itu dia serba-serbi sheet mask, perhatikan poin pentingnya dan jangan sampai kamu membeli sheet mask hanya karena tergiur iklan dan tren saja ya Babys!

 

Semoga bermanfaat,

All regards and love. see you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter