Keseringan Cuci Tangan Jadi Kering? Ini Tips untuk Mengatasinya!

Bonjour Babys!

Dari awal tahun 2020 hingga sekarang, virus COVID-19 masih menjadi pandemi yang melanda seluruh penjuru dunia, gak terkecuali Indonesa. Sudah banyak para dokter yang menyarankan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer sebagai upaya pencegahan penularan virus.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga menyarankan mencuci tangan minimal selama 20 detik untuk meghilangkan kuman yang menempel pada telapak tangan. Cara tersebut juga dianggap yang paling efektif dibanding penggunaan cairan pembersih beralkohol ataupun hand sanitizer.

Namun ternyata, ada dampak lain yang terjadi akibat banyak mencuci tangan, yakni menjadikan telapak tangan kering. Jadi selain menghilangkan kuman dan kotoran, mencuci tangan apalagi menggunakan pembersih beralkohol, secara tidak langsung juga mengurangi datau menghilangkan ‘minyak pelindung’ pada permukaan kulit telapak tangan.

Tapi tenang Babys, untuk mengatasinya ada banyak cara yang dilakukan.

Baca juga ya Babys Diet Kalori Turun 1kg dalam Seminggu? Ini Panduannya!

Caranya?

1.  Pakai Sabun yang Punya pH Seimbang

Sabun dengan pH yang seimbang dapat membantu kamu menghilangkan kuman dan kotoran sekaligus menjaga kelembaban tangan kamu. Beberapa sabun juga ada yang mengandung pelembab maupun bahan yang dapat menenangkan.

Oiya! Akan lebih baik juga kalau kamu menghindari sabun yang mengandung bahan pewangi ya Babys

2. Cuci Tangan dengan Air Dingin

Seperti yang tadi sudah disinggung, kulit punya ‘minyak pelindung’ atau lapisan lipid yang menjaga kelembaban. Nah kalau kamu cuci tangan pakai air hangat, lapisan lipid tadi bisa meleleh dan menyebabkan kulit kam kering.

3. Keringkan dengan Cara Menepuk-nepuk

Cara ini sebenarnya sudah gak asing lagi ya Babys? Daripada menggosok-gosokannya pada handuk, alangkah lebih baik kamu hanya menepuk-nepuk atau men-tap-tap-nya dengan handuk. Hal ini berguna untuk mengurangi gesekan pada kulit.

4. Pakai Hand Cream!

Ini adalah jalan terbaik untuk mengembalikan kelembaban yang hilang! Gunakan hand cream atau krim tangan setelah tangan kamu kering. Hand cream juga ternyata lebih efektif dari body lotion, apalagi jika body lotion itu berbasis air.

Pilihlah hand cream yang tidak mengandung alergen, iritan dan parfum.


Nah itu dia Babys tips mengatasi kulit tangan yang kering akibat seringnya cuci tangan!

Mau mulai nerapin tips yang mana nih?


 

Semoga bermanfaat,

All regards and love. see you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter