Serba-serbi Clay Mask yang Wajib Kamu Tau: Musuh Minyak pada Wajah


Bonjour Babys!

Dikutip dari beberapa artikel kesehatan seperti web layanan Halodoc, masker berbentuk clay ini cocok bagi seseorang yang punya wajah berminyak dan cenderung acne-pron atau yang mudah berjerawat. Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, fungsi utama si clay mask ini untuk mengangkat kotoran dan minyak yang berpotensi menyumbat pori-pori wajahmu Babys.


Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah liat— sampai abu vulkanik ataupun sedimen yang mengandung banyak mineral kayak kalsium, besi, silika, potasium, dan magnesium. Dengan segala kandungannya, membuat clay mask ini digemari banyak orang karena gak hanya buat wajah, kamu juga bisa menggunakannya untuk badan bahkan rambut.

Dan sekarang, udah banyak yang berpendapat kalau clay mask ini juga bisa digunakan oleh orang yang punya kulit normal bahkan kering sekalipun. Tergantung pada bahan dasar dan kandungan lain pada clay mask tersebut. Jadi apa aja sih jenis clay mask ini?


Bentonite Clay


Clay mask jenis ini cocok banget buat yang punya kulit normal hingga berminyak. Dengan mengaplikasikan campuran masker ini dengan air, bisa membantu penyerapan minyak, bakteri, hingga racun yang ada di permukaan kulit sampai ke pori-pori  kamu Babys. Penggunaan rutin juga bisa meredakan alergi kamu akibat suatu kandungan dalam skincare tertentu bahkan rasa gatal akibat psoriasis dan eczema.

White Kaolin Clay


Nah, jenis clay mask yang ini nih yang cocok untuk kamu yang punya kulit kering dan sensitif. Cara menggunakan jenis clay mask ini ialah dengan mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak esensial ya Babys. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaatnya seperti mengurangi infeksi dan jerawat.

French Green Clay


Yup, clay mask berwarna hijau dari Perancis! Clay ini mengandung alga serta kelp rumput laut cokelat, yang membuatnya berwarna hijau. Dengan kandungan fitonutrien yang berasal dari alga, masker ini berfungsi untuk membantu mengurangi inflamasi seperti sunburn, jerawat, hingga reaksi alergi pada kulit. Doi juga termasuk masker eksfoliasi nih! Jadi juga memberikan efek cerah dan sehat pada kulit kamu Babys

Rhassoul Clay


Kalau tadi berasal dari Perancis, jenis clay yang satu ini berasal dari Maroko. Karena kandungan mineralnya ini lebih banyak, doi ini terkenal sebagai masker anti penuaan Babys. Dengan penggunaan masker clay ini, kamu mendapat berbagai manfaat seperti kekencangan dan elastisitas kulit bertambah, perbaikan tekstur kulit, hingga kulit yang lebih cerah.
Jenis clay mask satu ini juga punya tekstur yang lembut, menjadikannya cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan digunakan sedikit untuk campuran pembuatan sabun. Dan sudah terkenal di Afrika Selatan karena dipercaya telah digunakan sebagai masker kulit bahkan rambut selama ratusan tahun.

Gimana nih Babys? Banyak banget ya fungsi dari keempat clay mask tadi? 
Tapi, sebelum memutuskan buat pake clay mask sebagai masker wajah kamu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih Babys!


1. Dalam penggunaan Clay mask, jangan sampai terlalu kering.
Memang fungsi utamanya adalah mengurangi sebum, tapi kalau kamu memakainya kelamaan, yang ada si clay mask ini menyerap semua minyak hingga kelembaban kulitmu.

2. Setelah menggunakan Clay mask, lebih disarankan menggunakan skincare yang menghidrasi
Ini memang bersifat opsional, namun banyak sumber yang menyarankan lebih baik setelah pemakaian, kamu juga menggunakan toner ataupun pelembab ya Babys! Karena hasil akhir setelah pemakaian, beberapa clay mask akan membuat kulitmu lebih kencang dan kering. Jadi buat ngehindarin wajahmu memproduksi sebum guna melembabkan wajah, lebih baik kamu menggunakan bantuan toner atau pelembab.

3. Seberapa sering penggunaan Clay mask tergantung pada jenis kulit
Banyak perbincangan yang mengatakan bahwa dengan rutin menggunakan clay mask, akan memberikan hasil yang lebih baik. Biasanya, para pembuat masker clay menyarankan penggunaan satu sampai dua kali dalam seminggu.

Dilansir dari The Body Shop, ternyata jenis kulit yang kamu punya mempengaruhi frekuensi penggunaan clay mask yang baik lho. Untuk kulit kering, disarankan hanya dua kali dalam sebulan. Kulit normal, satu kali seminggu. Dan untuk kulit yang cenderung berminyak, bisa dua kali dalam seminggu.

Jadi kamu jangan sampai gelap mata dan gak merhatiin saran penggunaan dari si clay mask ini ya Babys!


Semoga bermanfaat,
All regards and love. see you when I see you Babys!💛
Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter