Asam Lambung Naik Tiba-Tiba? Begini Cara Mengatasinya di Rumah dan Tanpa Obat

Bonjour Babys!—Dalam proses mencerna makanan, lambung merupakan salah satu organ penting untuk tubuh dalam mencerna makanan ya Babys. Tapi, ada kalanya terjadi beberapa kendala dan gangguan lain, seperti penyakit asam lambung naik.

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Penyakit ini cukup sering terdengar di telinga kita, namun ternyata masih banyak juga yang kurang sadar akan gejala dan cara menanganinya. Nah, biar gak panik dan asal minum obat, yuk kita bahas lebih lanjut tentang asam lambung ini!

Apa Itu Asam Lambung?

Berbeda dengan maag yang bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri, asam lambung adalah penyakit yang disebabkan naiknya asam pada lambung menuju kerongkongan (esofagus) atau terjadi pada saluran yang meghubungkan antara lambung dan mulut.

Dilansir dari Alodokter, naiknya asam lambung menuju kerongkongan dapat disebabkan karena katup antara keduanya tidak berfungsi dengan baik atau semestinya. Hal tersebut biasa disebut GERD (gastroesophageal reflux disease) yang menimbulkan rasa nyeri ulu hati, sakit pada dada, perut tidak enak, dan mulut terasa pahit/asam.

Lebih lengkapnya, gejala asam lambung dapat meliputi:

  • Kesulitan menelan.
  • Rasa pahit atau asam di kerongkongan dan mulut.
  • Bau tidak sedap pada napas
  • Nyeri pada bagian dada dan ulu hati.

Apa Saja Penyebabnya?

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tidak berfungsinya lingkaran otot dibawah esofagus atau katup antara kerongkongan dan lambung, LES (lower esophageal sphincter), beberapa hal juga kemungkinan dapat menjadi penyebab tidak berfungsinya LES tadi, seperti:

  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.
  • Faktor obesitas/kelebihan berat badan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kopi, minuman keras, cokelat, dan rokok.
  • Stress dan banyak pikiran
  • Perubahaan hormon pada seseorang yang hamil.

Bagaimana Mengatasi Asam Lambung Naik?

Mengonsumsi obat antasida biasanya menjadi andalan untuk mengatasi asam lambung ringan. Dan untuk kasus yang lebih serius, diperlukan obat dari resep dokter.

Meskipun begitu, ternyata ada loh ramuan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi asam lambung, bahkan saat di rumah aja! 

Dilansir dari Alodokter, berikut ramuan alami yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung naik:

1. Jahe

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Sifat antiradang yang dimiliki jahe dipercaya dapat mengatasi nyeri ulu hati ataupun gangguan pencernaan lainnya secara alami. Kamu bisa menggunakan ramuan jahe untuk mengatasi asam lambung naik dengan menjadikannya sebagai minuman hangat.

Gak harus dari jahe mentah, kamu juga bisa kok menggunakan jahe bubuk dan semacamnya yang beredar di pasaran, Babys!

2. Teh Chamomile

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Selain sipercaya untuk mengatasi insomnia atau susah tidur, teh chamomile juga sering digunakan untuk meredakan mual, nyeri ulu hati, bahkan muntah.

3. Marshamllow

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Marshmallow mengandung senyawa kimia yang dipercaya dapat meredakan batuk dan membantu menyembuhkan luka, dengan meredakan peradangan serta melawan mikroba. Maka dari itu, akar dan daun marshmallow juga biasa digunakan untuk meredakan diare, maag, konstipasi dan peradangan pada lapisan lambung.

Bahkan, juga dapat meredakan nyeri pembengkakan pada selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan. Pembentukan lapisan pelindung kulit dan lapisan saluran pencernaan juga dapat dibantu oleh marshmallow ini.

4. Akar Manis

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Akar manis atau Licorice, mengandung senyawa yang dapat mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan oeradangan atau luka dalam tubuh. Oleh karena itu, akar manis dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti nyeri ulu hati.

Selain keempat ramuan herbal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu meredakan asam lambung naik, seperti:

  • Tinggikan Posisi Kepala
  • Kamu bisa menumpuk beberapa bantal, dan posisikan kepalamu agar 6 inci lebih tinggi.
  • Pakailah Pakaian Longgar
  • Memakai pakaian ketat dapat membuat tekanan pada perut dan akan memperburuk rasa sakitnya.
  • Mengatur Porsi dan Makan Perlahan
  • Hindari makan makanan dengan jumlah besar sekaligus. Alangkah lebih baik kalau kamu makan dengan porsi cukup dan makan secara perlahan.
  • Makan Makanan Berserat dan Tidak Memicu Refluks

Makanan berserat akan membantu sistem pencernaan kamu bekerja dengan baik. Selain itu, alangkah lebih baik jika kamu menghindari makanan yang dapat memicu refluks seperti kafein, cokelat, soda, tomat, jeruk, bawang, mint, serta makanan berlemak tinggi.

  • Hindari Makan Sebelum Tidur

Hindari kebiasaan langsung tidur sehabis makan, karena itu dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung. Cobalah untuk menunggu setidaknya 2-3jam agar lambung dapat mengosongkan isinya sebelum kamu tidur atau berbaring.

  • Jangan Merokok

Kalau kamu tidak mau asam lambung amu kambuh atau tambah memburuk, sebaiknya hindari merokok. Rokok dapat mengurangi fungsi otot yang menjaga asam pada lambung.

Nah, itu dia Babys serba-serbi asam lambung dan cara mengatasinya tanpa obat serta dapat kamu lakukan meski di rumah aja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu selalu dalam keadaan sehat ya!

All regards and love, see you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter