Kulit Kusam? Yuk, Kenalan dengan 4 Acids yang Mencerahkan Kulit!

 Bonjour Babys!—Kalau sebelumnya kita udah kenalan dengan exfoliating acids si trio AHA, BHA, dan PHA, kali ini kita mau kenalan dengan Brightening Acids yang Mencerahkan Kulit nih!

acids yang mencerahkan kulit

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kini penggunaan acid dalam berbagai produk skincare sudah tidak menjadi hal baru lagi Babys. Yang kita ketahui juga kebanyakan permintaan produk kecantikan di Indonesia itu seperti produk-produk yang mengandung kandungan yang mencerahkan.

So, sorry kalau aku lebih nyaman menggunakan kata cerah atau brightening daripada whitening. Karena ya, aku tidak mau ada yang berpikir kalau standar kecantikan itu sepenuhnya benar dan hasilnya, lagsung mencari produk yang otomatis memberikan hasil, padahal memang semua itu butuh proses. Setuju kan Babys?

Jadi, apa aja sih acids yang biasanya ada dalam skincare sebagai kandungan birghtening?

Yuk, langsung aja kita bahas!

1. Ascorbic Acid (Vitamin C)

Tentunya sudah gak asing lagi dong sama fungsi dan manfaat vitamin C yang dipercaya untuk mencerahkan kulit? Dan memang sudah terbukti kebenarnya loh Babys!

Selain itu, vitamin C ini kaya akan anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan flek hitam.

Doi ini juga dipercaya dapat mengurangi produksi melanin (pigmen warna gelap pada kulit sebagai pelindung) dengan cara menghambat tyrosinase (enzim yang menstimulasi produksi melanin), dan dapat menjadi eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Apakah bisa buat memudarkan bekas jerawat? Tentunya bisa banget Babys!

Penggunaan vitamin C yang tepat dapat membantu proses penyembuhan bekas jerawat atau bekas luka, serta mendorong kulit untuk melakukan regenerasi sehingga kulit tampak lebih cerah dan bekas tersebut memudar.

2. Kojic Acid

acids yang mencerahkan kulit
Sumber: Pinterest

Nama kojic acid sempat booming banget beberapa waktu lalu ya Babys. Karena dipercaya dapat memutihkan kulit dengan waktu yang cenderung singkat. Namun, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kojic acid tidak benar-benar merubah kulit menjadi putih, melainkan mengurangi hiperpigmentasi serta warna kulit yang tidak merata sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Kojic acid ternyata sangat populer dalam dunia skincare di Asia karena manfaatnya yang mencerahkan kulit sekaligus sebagai anti-aging.

Terbuat dari bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi pembuatan minuman sake (minuman keras Jepang). Hampir sama dengan vitamin C, kojic acid juga bekerja dengan cara menghambat bekerjanya tyrosinase, sehingga membuat kulit lebih cerah, sekaligus mencegah terbentuknya flek hitam.

3. Glycolic Acid

Jenis acid yang ketiga ini ternyata tergolong sebagai eksfoliator acids nih Babys! Lebih tepatnya, Glycolic Acid ini termasuk sebagai AHA.

Yup, memliki fungsi utama sebagai eksfoliator yang mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut. Nah, proses eksfoliasi tersebut akan mendorong kulit untuk melakukan regenerasi kulit dengan sel-sel kulit baru sekaligus mendorong produksi kolagen.

Jadi, selain kulit yang lebih cerah, hasil lain yang akan kamu dapatkan adalah noda hitam yang memudar, serta tekstur kulit yang lebih halus dan kenyal.

4. Azelaic Acid

acids yang mencerahkan kulit

Bagi kamu yang sekarang lagi berhadapan dengan jerawat, acid yang satu ini boleh banget masuk list percobaan kamu Babys!

Selain menghambat enzim tyrosinase seperti Kojic acid dan vitamin C, manfaat lain dari Azelaic acid ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat sekaligus bekasnya lho!

Doi ini juga dapat bekerja melawan hiperpigmentasi dengan cara menahan pertumbuhan melanin abnormal yang menjadi penyebab hiperpigmentasi.


Nah itu dia Babys Brightening Acids yang bisa jadi kandungan pilihan kamu dalam produk skincacre yang mencerahkan.

Adakah produk skincaremu yang mengandung keempat acids tersebut?

 

Semoga bermanfaat,

See you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter