7 Penyebab Kulit Kusam dan Solusi Untuk Mengatasinya: Wajib Tahu!

Bonjour Babys! Memiliki kulit yang sehat merupakan idaman setiap orang ya Babys. Apalagi setelah anjuran di rumah saja kita mendapat waktu lebih untuk merawat diri dan kulit.

7 Penyebab Kulit Kusam

Namun, ternyata berdiam diri juga tidak bisa menjadi jaminan kalau kulit akan terhindar dari kekusaman. Kulit kusam adalah keadaan kulit yang terlihat kurang sehat, tidak cerah dan kurang ternutrisi. Hal ini semata-mata bukan karena penggunaan skincare aja loh Babys!

Sebelum kamu buru-buru mengganti semua skincare kamu dan mencari skincare atau perawatan lain, yuk cari tahu dulu penyebab kulit kusam!

Jadi, apa aja sih penyebab kulit kusam?

1. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab Kulit Kusam

Seperti yang sudah sering disinggung, kulit adalah cerminan dari apa yang kamu makan Babys.

Jika kamu merasa pola makan kamu kurang sehat, seperti makan-makanan kurang sehat, kafein, gula berlebih, atau bahkan alkohol, yuk coba deh kurangin! Dan akan lebih baik lagi jika kamu dapat menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah.

Atau, alternatif lainnya nih kamu bisa kombinasikan saja Babys. Boleh lah mengonsumsi gula, kafein atau gorengan, tapi jangan lupa juga mengonsumsi sayur dan buah supaya seimbang.

2. Kurang Terhidrasi

Penyebab Kulit Kusam

Mengonsumsi air putih yang cukup tentunya sangat berpengaruh dalam menjaga kelembapan kulit kamu Babys. Tubuh yang dehidrasi akan membuat asupan mineral sebagai kelembapan alami kulit menurun dan akan menyebabkan kulit kusam dan kering.

Tentu saja untuk mengatasi hal ini mudah banget! Kamu hanya perlu minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kamu. Kesulitan untuk rajin minum air putih? Boleh banget kamu mampir juga ke sini. Atau, kamu juga bisa menggunakan pelembab atau serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid supaya kulit dapat menahan air lebih banyak.

3. Menumpuknya Sel Kulit Mati

Penyebab Kulit Kusam

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah juga bisa jadi penyebab kulit kusam nih Babys! Karena tumpukan sel-sel kulit mati tersebut menjadikan kulit wajah kalian tidak bisa memantulkan cahaya yang datang dan tidak menutupi kulit kamu yang sebenarnya. Alhasil, kulit kamu terlihat kusam dan tidak sehat.

Lakukan eksfoliasi secara rutin satu sampai dua minggu sekali, baik itu secara chemical atau physical menggunakan scrub. Proses eksfoliasi ini akan membantu kamu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk tadi dan mendorong proses regenerasi kulit baru.

Untuk eksfoliasi secara chemical, kamu bisa memilih skincare yang mengandung exfoliation acid. Kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan mencerahkan seperti NACIFIC Phyto Niacin Toner ini.

4. Polusi dan Sinar Matahari

Penyebab Kulit Kusam

Situasi lingkungan sekitar ternyata juga menjadi salah satu penyebab kulit kusam loh Babys! Seperti kelembapan udara yang rendah, angin, polusi, bahkan paparan sinar UV yang bisa saja masuk ke rumah kamu.

Nah, bagaimana solusinya? Kamu dapat menggunakan skincare yang memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti radikal bebas. Dan, jangan lupa menggunakan sunscreen setiap kali kamu akan keluar rumah.

Bahkan ada juga beberapa orang yang tetap menggunakan sunscreen SPF rendah walaupun di dalam rumah loh Babys!

5. Pola Tidur Tak Terjaga

Penyebab Kulit Kusam

Nah, selain menyebabkan menghitamnya kantung mata kita, pola tidur yang tak terjaga atau kurangnya jam tidur juga membawa dampak kusamnya kulit kamu.

Karena, kalau tubuh kamu kurang mendapat waktu istirahat yang cukup, akan menghambat proses regenerasi kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit wajah kusam. Jadi, usahakan untuk selalu tidur cukup ya Babys!

6. Stress

Penyebab Kulit Kusam

Penyebab kulit kusam ternyata juga dikarenakan faktor dari dalam tubuh tak terkecuali karena stress. Ketika kamu mengalami stres berlebih, akan meningkatkan kortisol yakni senyawa yang mempengaruhi aliran darah ke kulit, sehingga kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

7. Usia

Penyebab Kulit Kusam

Yang terakhir ini mungkin sulit untuk terelakkan ya Babys. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit kita untuk melakukan regenerasi kulit juga akan semakin menurun.

Tapi, mungkin hal ini bisa saja sedikit berkurang jika kita sedari dini rajin dan rutin merawat kulit kita dengan baik sedari dini ya Babys!


Nah, itu dia Babys 7 penyebab kulit kusam yang tidak hanya disebabkan oleh penggunaan skincare yang kurang tepat.

 

Semoga bermanfaat,

All regards and love, see you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

1 komentar

  1. bener banget nget ngettt! 😭
    bahkan nggak cuma kusem, efeknya bisa ke jerawat jugaa 😭

    BalasHapus

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter