Serba-serbi Kolagen, Apa Boleh Dikonsumsi?

Bonjour Babys!

Belum lama ini ramai sekali perbincangan tentang  minuman berkolagen yang digadang-gadang dapat memberikan beragam manfaat bagi kulit khususnya untuk memutihkan, mengencangkan, dan mengatasi tanda-tanda penuaan.

Namun hal tersebut menuai pro dan kontra, karena dirasa masyarakat masih ‘awam’ dengan istilah kandungan kolagen dalam minuman atau makanan tersebut, dan apakah aman untuk dikonsumsi?

Yuk, kita bahas satu-satu!

Apa itu Kolagen?

Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia, jumlahnya melimpah dan tersebar di beberapa bagian seperti tulang, kulit, otot, ligamen, dan tendon. Namun, ternyata seiring bertambahnya usia, tubuh manusia tidak mampu memproduksi kolagen sebanyak jumlah ketika mereka masih muda.

Inilah mengapa terdapat banyak suplemen kolagen di luaran sana, karena orang-orang menginginkan jumlah kolagen mereka terjaga dan tetap merasakan manfaat dari kolagen tersebut.

Apa manfaat kolagen?

1. Mencegah Tanda-tanda Penuaaan

Bukan suatu kesalahan memang selalu mengaitkan kolagen dengan kesehatan kulit. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa benar kolagen bermanfaat untuk mengencangkan kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Kolagen juga dipercaya untuk mengurangi kekeringan pada kulit.

2. Baik bagi Kesehatan Jantung

Kolagen banyak tersimpan pada tulang, otot, kulit, hingga pembuluh darah. Maka dari itu kolagen juga memiliki peran besar bagi kesehatan pembuluh darah kamu Babys.

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan pembuluh darah yang kaku, lemah, atau rapuh. Hal ini juga dapat menyebabkan risiko terjadinya aterosklerosis, yakni penyempitan dan pengerasan pembuluh arteri akibat menumpuknya plak di dinding pembuluh darah, dan merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

3. Menambah Massa Otot

Seperti yang tadi sudah disebutkan, kolagen juga banyak tersimpan di bagian otot. Maka dari itu seiring berkurangnya asupan atau produksi kolagen, sebanding dengan menurunnya massa otot pada tubuh.

Beberapa penelitian mengatakan, pada penderita sarcopenia (hilangnya massa otot karena penuaan) mengkonsumsi asupan kolagen seperti suplemen kolagen, dapat membantu meningkatkan kekuatan otot pada orang tersebut.

4. Membantu Meringankan Selulit

Selulit adalah kondisi kulit yang bertekstur atau bergelombang dengan lesung-lesung kecil mirip kulit jeruk. Selulit biasanya terdapat di bagian paha, perut, pinggul, dan pantat. Dan yang paling sering mengalami selulit adalah para wanita.

5. Membantu Meringankan Nyeri Sendi

Berbeda dengan massa otot dan kolagen yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia, risiko osteoarthritis (peradangan sendi kronis) justru akan meningkat.

Jadi, menurut beberapa penelitian, menambah asupan kolagen dengan mengkonsumsi suplemen kolagen tambahan dipercaya bisa membantu mengurangi atau meringankan nyeri pada sendi. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.

Bagaimana Cara Menambah Asupan Kolagen?

Untuk mendapatkan beragam manfaat yang diberikan kolagen, memang baiknya kita harus bisa senantiasa menjaga asupan kolagen pada tubuh.

Nah, untuk menambah asupan kolagen dalam tubuh, kamu dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu produksi kolagen, seperti vitamin C, vitamin A, Vitamin E, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat kamu dapatkan dalam sayur segar, buah, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Namun, jika dirasa masih kurang, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen kolagen, asalkan kamu sudah mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi agar dosis kolagen sesuai dan tepat untuk kebutuhan kamu.

 

Nah itu dia Babys serba-serbi kolagen yang kamu harus tahu sebelum mengonsumsi suplemen penambah asupan kolagen.

Semoga bermanfaat,

All regards and love, see you when I see yo Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

5 komentar

  1. nice post kak, sangat membantu saya yang sedang bermasalah dengan kulit heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ya!🥰
      Semangat terus dan semoga segera bisa membaik kulitnya!☺️😉

      Hapus
  2. Sekarang juga banyak minuman berkolagen yang dijual..jadi praktis banget..nggak pakai ribet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget! tinggal pilih mana yang sesuai sama kebutuhan kita:)

      Hapus
  3. Wah terimakasih infonya sekarang juga udh makin banyak produk konsumsi yg ada kandungan kolagen tapi tetap jangan lupa pastikan juga untuk jaga asupan nutrisi harian untuk memenuhi kebutuhan kolagen tubuh salah satunya dengan minum susu apalagi kalo udah tau manfaat susu kambing etawa pasti makin semangat minum susu

    BalasHapus

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter