Apa Bedanya Ampoule, Emulsion, Serum dan Essence: Jangan Keliru!

Bonjour Babys!

Semakin berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, semakin kesini semakin banyak jenis skincare yang muncul dan diciptakan oleh industri kecantikan. Karena begitu banyaknya jenis produk yang kini ditawarkan, terkadang membuat kita sebagai konsumen bingung, mana yang harus kita miliki?

Seperti halnya Ampoule, Emulsion, Serum dan Essence , apa sih bedanya? Dan apa kita harus mempunyai semua jenis produk tersebut?

Nah supaya gak keliru, yuk kenali apa saja perbedaannya!

Serum

Serum merupakan jenis produk skincare yang berbentuk cair dan berbahan dasar air atau minyak, yang mengandung beberapa bahan aktif. Partikel-partikelnya yang kecil dipercaya mampu untuk terserap dalam kulit secara efektif dan lebih merata daripada pelembab biasa.

Sudah ada banyak sekali jenis serum yang ada di pasaran, mulai dari serum khusus kulit bermasalah jerawat, anti-aging, kulit kering, hingga untuk mengatasi kemerahan kulit juga sudah bisa kamu temukan loh Babys!

Beberapa merek yang punya jenis produk Serum: NACIFIC (Fresh Herb, Phyto Niacin), Laneige (Fresh Calming), The Ordinary, dll.

Coba lihat produknya di Lazada

Essence

Essence merupakan jenis skincare yang mirip dengan serum, namun mempunyai tekstur yang lebih ringan. Maka dari itu penggunaan essence dilakukan sebelum memakai serum.

Namun kini juga ada essence yang punya tekstur menyerupai serum atau bahkan lebih kental dari serum, jadi pemakaiannya bisa dilakukan setelah serum. Nah, apakah essence dan serum ini sama? Jawabannya berbeda ya Babys. Karena walaupun lebih ringan, essence ini punya kandungan zat aktif yang konsentrasinya lebih tinggi, jadi dapat dikatakan essence ini the essentials in skincare untuk menutrisi kulit kamu.

Beberapa merk yang punya jenis produk Essence: NACIFIC, SK-II (Geonoptics Aura), Missha (Time Revolution The First Treatment), Wardah (Renew You Treatment) dll.

Coba lihat produknya di Lazada

Ampoule

Ampoule adalah jenis skincare cair yang memiliki konsentrasi dan zat aktif yang lebih tinggi dari serum, emulsion, bahkan essence. Karena kandungannya yang punya konstrasi lebih tinggi, tekstur dari ampoule sendiri juga lebih kental dibandingkan yang lainnya.

Ampoule juga dipercaya menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks seperti bintik-bintik gelap, tanda-tanda penuaan yang jelas, dll. Ada juga sumber yang mengatakan bahwa ampoule juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengatasi masalah dalam waktu yang cukup singkat.

Beberapa merk yang punya jenis produk Ampoule: Skin1004 (Madagascar Centella Asiatica), COSRX (Centella Blemish), Laneige (White Dew Original), dll.

Coba lihat produknya di Lazada

Emulsion

Emulsion merupakan jenis produk yang bertekstur milky, lebih cair daripada krim ataupun lotion, namun ternyata masih lebih padat dibandingkan tekstur serum. Jadi bisa dikatakan emulsion ini lotion yang sangat cair, atau pelembab yang cair sekali.

Pada dasarnya fungsi dari emulsion ini sama seperti pelembab, hanya saja dia lebih ringan karena teksturnya yang lebih cair dan formulanya water-based. Emulsion dipercaya dapat menghidrasi serta melembabkan kulit tapi tidak membuat kulit sulit bernapas.

Beberapa merk yang punya jenis produk Emulsion: Innisfree, Laneige (White Dew), Etude House (Moistfull Collagen), Nature Republic (Soothing & Moisture Aloe Vera), Sulwashoo (Essenntial Balancing), dll.

Coba lihat produknya di Lazada


Nah itu dia Babys perbedaan keempat jenis produk Essence, Serum, Ampoule dan Emulsion. Dan apakah kamu harus memiliki itu semua? Jawabannya tergantung pada kebutuhan kulit dan diri kamu sendiri. Karena skincare merupakan sebuah perawatan yang sangat personal karena reaksi pada kulit berbeda-beda.

Jadi kamu memilih pakai yang mana aja Babys?


Semoga bermanfaat,

All regards and loves, see you when I see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

1 komentar

  1. Aku sementara ini pake essence aja, tapi kayaknya besok2 mau coba ampoule.

    BalasHapus

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter