5 Alasan Berat Badan Naik Waktu Puasa, Ada Kebiasaanmu?


Bonjour Babys!

Bulan yang dinanti-nantikan sudah didepan mata nih Babys. Yup, bulan Ramadhan—bulan puasa, bulan penuh berkah dan pahala berlipat ganda.

Dalam menjalankan ibadah puasa, selain berlomba-lomba mendapatkan pahala, banyak orang juga mengincar penurunan berat badan nih. Karena memang puasa itu berarti kita tidak makan dan minum selama belasan jam. 
Namun, bukan berarti berat badan pasti turun setelah satu bulan berpuasa. Beberapa orang malah mengalami kenaikan berat badan sewaktu puasa lho!

Nah kenaikan berat badan itu bisa saja terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang dilakukan selama menjalani ibadah puasa. 

Kebiasaan apa aja sih?

1. Berlebihan Waktu Berbuka dan Sahur



Hayo siapa disini yang suka kalap waktu buka puasa dan sahur? Memang biasanya suka lapar mata ya Babys kalau melihat menu berbuka dan sahur. Tapi jangan sampai lapar mata itu membuat kamu makan lebih dari porsi normal biasanya.

Tetap jaga pola makan dan mengonsumsi makanan berserat serta mengandung makanan probiotik ataupun prebiotik seperti sayur-mayur, bawang putih, bawang merah, teh, minyak kelapa, yoghurt dsb. Dikarenakan makanan-makanan tersebut bisa membantu usus kamu sehat dan membantu mencerna dengan baik

2. Makan Terburu-buru


Nah, yang kedua ini biasa terjadi sewaktu sahur ya Babys. Mungkin ada hari dimana kamu telat bangun dan sudah hampir waktu imsya’, makanya  makan sahur dengan terburu-buru. Tapi, gak menutup kemungkinan kebiasaan ini juga terjadi waktu kamu berbuka puasa nih.

Akibatnya, kamu gak akan sadar kalau ternyata kamu sudah kenyang dan terjadi penumpukan makanan. Karena gak sadar sudah kenyang, bisa jadi kamu makan lebih banyak dari porsi biasanya. 

Makan terburu-buru juga menyebabkan pencernaan kamu tidak dapat mencerna dengan baik lho Babys.

3. Kebanyakan Makan yang Mengandung Gula


Walaupun ada pepatah ‘Berbukalah dengan yang manis’ tapi jangan sampai kalap juga ya makan 
semua makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula.

Dikutip dari Halodoc, akibat dari kebanyakan makan gula, tubuh kamu akan mengeluarkan insulin yang menyimpan lemak. Jadi, sewaktu kamu mengonsumsi banyak makanan manis, kadar insulin ditubuhmu akan meningkat, dan akan lebih banyak lemak yang disimpan.


4. Langsung Tidur Sehabis Sahur


Kebiasaan mengantuk dan tidur setelah makan memang sudah familier ya Babys. Apalagi di bulan puasa ini kita juga diharuskan bangun dini hari untuk sahur—sebagai persiapan bekal kita puasa dalam satu hari. Tapi sebisa mungkin jangan langsung tidur lagi ya Babys.

Karena kembali tidur kurang dari dua jam setelah makan kurang dari dua jam, akan mengakibatkan penumpukan lemak pada tubuh dan pencernaan tidak dapat mencerna serta menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu.

5. Kurang Tidur


Masa sih pola tidur juga berpengaruh? Jawabannya, berpengaruh Babys.

Kenapa?
Karena saat kamu kekurangan tidur, salah satu akibatnya akan menganggu hormon leptin yang biasanya membantu kamu mendeteksi dan merasakan rasa kenyang. Hormon tersebut yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan kamu.

Jadi kamu akan lebih sering makan dan ngemil karena belum merasa kenyang.



Nah itu dia 5 kebiasaan buruk yang bisa jadi alasan berat badan kamu naik sewaku menjalankan ibadah puasa. 
Jadi gagal diet deh kalau gitu ya Babys?

Supaya kamu gak mengalami kenaikan berat badan, kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut ya, Babys!
Dan tetap semangat menunaikan ibadah puasa ini bagi yang menjalankan.




Semoga bermanfaat,
All regards and love. see you when I see you Babys!
Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter