5 Tips Menjaga Berat Badan Pas Puasa, Biar Gak Lebar-an

Bonjour Babys!

Gak kerasa ya sebentar lagi udah memasuki bulan puasa—bulan Ramadhan yang sangat dinantikan seluruh umat muslim diseluruh dunia. Selain bulan penuh berkah, juga merupakan bulan penuh kebahagiaan ya Babys, karena bisa kumpul dengan keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri nantinya.


Saking antusiasnya bertemu keluarga besar yang mungkin jarang ketemu, sebagian orang ada yang khawatir nih tentang penampilan mereka setelah bulan puasa. Walaupun puasa itu artinya kita gak makan selama belasan jam, tapi banyak orang yang malah nambah berat badan alias makin lebar-an setelah bulan puasa nih Babys, hihihi.

Tapi tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu lakuin untuk menjaga berat badan kamu naik nih. Apa aja sih?

1. Jangan Sahur Berlebihan


Yup, seperti yang diketahui, di bulan puasa kita tidak akan makan selama 13 jam 30 menit (durasi Indonesia). Dan sahur, merupakan waktu kita memakan ‘bekal’ untuk berpuasa hari itu. Namun, bukan berarti kita berlebihan dalam sahur ya Babys. Alangkah lebih baik kamu tetap memperhatikan asupan dan porsi makan kamu, supaya tetap menutrisi tubuh dan cukup untuk berpuasa satu hari.
Juga, durasi puasa di Indonesia ini merupakan tersingkat kedua se-Asia lho! Jadi yakin deh bakal kuat meskipun sahur dengan porsi normal kamu biasanya.

2. Berbuka Bukan Ajang ‘Balas Dendam’



Banyak orang yang bilang semua terlihat enak dan sangat ingin dimakan ketika menjelang berbuka puasa, tapi ternyata itu semua hanya ilusi atau biasa juga disebut lapar mata, hihi.
Jadi, jangan sampai kamu kalap waktu berbuka puasa ya Babys. Juga, jangan jadikan waktu berbuka puasa sebagai ajang ‘balas dendam’ kamu karena sudah menahan lapar selama belasan jam—dengan cara memakan semua yang ada di depan kamu. Sekali lagi, tetap perhatikan asupan dan porsi makan kamu ya Babys.

Bisa jadi memang benar semua keinginan kamu sewaktu puasa hanya ilusi, dan nyatanya kamu hanya mampu makan sebagaimana porsi kamu biasanya. Dan kalau bisa, hindari atau kurangi memakan gorengan maupun makanan dan minuman yang mengandung banyak gula ya Babys.

3. Tetap Konsumsi Air Putih yang Cukup


Meskipun puasa, kamu juga jangan sampai melupakan asupan air putih ya Babys. Kamu bisa menerapkan pola minum air 2-2-2-2, yang artinya minum air 2 gelas sewaktu sahur, 2 gelas sewaktu berbuka, 2 gelas sebelum atau setelah sholat tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur. Hal ini berguna untuk tetap menjaga tubuhmu terhidrasi selama menjalani ibadah puasa satu bulan penuh.

Baca juga ya Babys 5 Alasan Berat Badan Naik Pas Puasa, Ada Kebiasaanmu?

4. Tidur Cukup


Di bulan puasa ini, kita diharuskan bangun dini hari untuk sahur. Jadi secara tidak langsung juga mengubah pola tidur kamu ya Babys. Gak jarang juga, beberapa orang kesulitan untuk tidur kembali setelah menunaikan sholat subuh. Juga, dengan tidur cukup, hormon pengatur nafsu makan kamu gak akan terganggu.

Jadi, untuk tetap menjaga tubuh kamu fit dalam berpuasa, usahakan kamu tidak kekurangan tidur ya Babys.

5. Tetap Olahraga


Nah, yang terakhir ini keliatan susah untuk dilakukan sewaktu puasa ya Babys? Tapi, alangkah lebih baik kamu tetap berolahraga meskipun menjalankan puasa. Beberapa sumber mengatakan, kamu bisa tetap berolahraga dengan mengambil waktu beberapa jam sebelum buka puasa dengan durasi 10-15menit saja agar tidak merasa lemas dan dehidrasi.

Itu dia 5 tips untuk menjaga berat badan sewaktu bulan puasa Babys. Dengan menerapkannya, selain tetap fit juga berguna untuk menjaga berat badan kamu tidak naik.

Jadi gak perlu khawatir lagi kelihatan tambah berisi sewaktu ketemu keluarga besar di Hari Raya nanti ya Babys!


Semoga bermanfaat,
All regards and love. see you when I see you Babys!💛

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter