Serba-serbi Toner, Perlu Gak Sih?

Bonjour Babys!

Salah satu basic skincare yang sudah ada sejak dulu adalah toner. Namun, toner dulu lebih dikenal sebagai pelengkap pembersih dan sebagai penyegar kulit setelah pembersihan wajah tersebut.

Perkembangan jaman pun juga mempengaruhi perkembangan jenis toner. Kini, toner tidak hanya sebagai pembersih dan penyegar, namun sudah ada banyak jenis toner yang bahkan merujuk langsung untuk mengatasi masalah tertentu, seperti kusam, komedo, kulit kering, dll.

Walaupun para beauty influencer sudah banyak yang mengatakan toner adalah salah satu basic skincare yang wajib dipunyai, namun mungkin masih ada yang bertanya-tanya sebenarnya penting gak sih toner itu? Dan lebih bagus jenis apa? Penggunaannya gimana?

Yuk langsung aja dibahas!

Perlu Gak Sih, Pakai Toner?

Toner merupakan produk perawatan kulit yang bertekstur cair, berbahan lembut, dan tidak iritatis. Toner dipercaya mampu memberikan manfaat yang tidak ada dalam pembersih wajah, maka dari itu toner dikenal sebagai pelengkap dalam proses pembersihan wajah.

Sebenarnya manfaat dari toner sangat beragam tergantung dengan kandungannya. Namun pemakaian toner secara rutin juga bisa dibilang sebagai investasi jangka panjang, karena kulit kita akan terlihat lebih sehat, bersih, lembab, dan fresh. Beberapa toner juga mampu mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah, hal ini berfungsi agar kulit lebih siap untuk menerima manfaat dari skincare lainnya.

Jadi, penggunaan toner sangat perlu ya Babys!

Jenis Toner Apa Saja?

Hingga saat ini, kira-kira sudah ada 4 jenis toner yang ada di pasaran, namun secara garis besar, jenis toner ada dua jenis, yaitu:

1. Hydrating Toner/Toner yang Melembapkan

Fungsi utama dari toner jenis ini tentu saja untuk melembapkan kulit atau menenangkan kulit. Hydrating toner ini dapa bertekstur cair ataupun lotion. Kandungan yang biasanya ada didalam hydrating toner ini seperti hyaluronic acid, gliserin, ceramides, sodium PCA aloe vera, seaweed, chamomile, dll.

Kamu dapat menemukan hydrating toner ini dengan keyword “hydrating”, “shooting”, atau “moisturizing” dalam nama-nama produk toner yang beredar di pasaran ya Babys!

2. Exfoliating Toner/Acid Toner/Toner yang Mengeksfoliasi

Fungsi utama dari toner jenis ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada wajah. Exfoliating toner ini umumnya bertekstur cair dan memiliki kandungan utama acid, yang juga akan membantu mergenerasi kulit sekaligus membersihkan pori-pori tersumbat yang biasanya jadi penyebab jerawat, komedo whiteheads ataupun blackheads.

Ada 3 jenis acid yang sering menjadi kandungan utama exfoliating toner:

AHA (Alpha Hydroxy Acids) : adalah acid yang berasal dari buah-buahan, susu, kacang, dan gula. AHA lebih diperuntukkan bagi kamu yang memiliki kulit normal hingga kering dan yang punya permasalahan wrinkles atau aging skin.

Yang termasuk AHA adalah Glycolic Acid, Lactic Acid, Mandelic Acid, Citric Acid, dan Malic Acid.

BHA (Beta Hydroxy Acids) : juga dikenal sebagai Salicylic Acid atau Bentaine Salicylate. BHA lebih diperuntukkan bagi kamu yang punya kulit berminyak hingga blemish-prone skin. Hal ini dikarenakan BHA/Salicylic Acid mempunyai sifat lipophilic yang mampu menarik minyak, dan sifat keratolyc yang mampu menembus dan membersihkan folikel dari sisa kotoran serta minyak di kulit wajah kamu.

Dan eksfoliasi dari BHA ini lebih dalam jika dibandingkan dengan AHA.

PHA (Poly Hydroxy Acids) : PHA ini merupakan kandungan eksfoliasi yang lebih lembut dibandingkan AHA dan BHA, karena doi ini punya molekul yang lebih besar dibanding yang lainnya. Karena lebih lembut, dan molekulnya lebih besar, maka cara kerja dan hasil yang didapat juga lebih lama.

PHA sangat cocok bagi kamu yang baru ingin mencoba acid, karena PHA ini proses penetrasinya juga lama terserap dalam kulit, jadi risiko iritasi atau perih akan jauh lebih kecil dibandingkan AHA dan BHA.

Cara Pakai Toner Gimana?

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam mengaplikasikan toner nih Babys

1. Menggunakan Kapas

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling sering dipakai ya? Walaupun kini sudah banyak juga yang beralih karena dianggap boros, tapi ternyata dengan menggunakan kapas justru lebih efektif untuk mengangkat sel kulit mati dengan lebih baik lho!

Dengan kapas juga memungkinkan kamu untuk melihat kinerja toner atau memastikan apakah wajah kamu masih kotor walau sudah mencuci wajah. Tapi, alangkah lebih baik dalam pemakaian menggunakan kapas ini jangan digosok-gosok dengan keras ya Babys! Cukup di tepuk-tepuk hingga cairan toner merata di seluruh wajah.

2. Menggunakan Tangan

Cara yang kedua ini gampang banget Babys! Cukup tuang toner pada telapak tangan, lalu tepuk-tepuk dan tempelkan tangan pada wajah. Seorang Beauty Guru, Meejmuse juga menyarankan agar menggosok-gosokkan tangan terlebih dahulu agar mendapat suhu hangat dari telapak tangan yang berguna agar cairan toner dapat diserap wajah dengan lebih baik.

Tapi selalu ingat untuk jaga kebersihan tangan sebelum melakukan cara yang kedua ini ya Babys!

3. Dengan Botol Spray/Mist

Cara ini kurang lebih sama seperti cara kedua yang menggunakan tangan, hanya saja kita tak perlu menuangkan cairan toner ke telapak tangan terlebih dulu. Beberapa produk toner di pasaran menggunakan packaging spray atau mist, jadi kamu hanya perlu menyemprotkan toner sesuai dengan jarak yang menurutmu pas. Lalu tepuk-tepuk dan ratakan menggunakan tangan.

 

Nah itu dia Babys serba-serbi toner sebagai basic skincare wajib yang harus kamu tahu!

Semoga bermanfaat,

All regards and love, see you Babys!

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

2 komentar

  1. masih ingat jaman SMA cuma tau toner ya toner aja, dan dulu mikirnya toner itu kayak pembersih tambahan. tapi sekarang udah punya dua toner dong, hydrating toner sama exfoliating hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. BenerπŸ˜‚ Toner pembersih sepaket sm pembersihnya, udah wkwkw.

      Awal lihat beauty influencer punya banyak toner itu mikir "buat apa sihh"
      Eh ternyata emang beda-beda manfaat dan fungsinya, hihi

      Thxuu udah mampir kak!πŸ˜‰

      Hapus

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter