5 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat #DiRumahAja Gak Perlu Ke Klinik Kecantikan


Bonjour Babys!
Hayoo siapa yang lagi #dirumahaja dan lagi berperang juga dengan jerawat?
Tenang, kamu tetap bisa mengatasi masalah jerawat #dirumahaja dan gak perlu ke klinik kecantikan!



Kali ini aku tidak membawa review produk, melainkan membawa beberapa tips untuk mengatasi jerawat Hanya dengan 5 cara yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Dan semua ini pure pengalamanku sendiri.
Tapi.. karena kejadian ini terjadi lumayan lama.. jadi foto-foto perjuanganku sudah hilang semua.

Baca juga ya Babys 3++ Obat Jerawat Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotek

Krisis wajah berjerawatku dimulai ketika aku masuk SMP, karena dimasa ini aku udah mulai nyoba-nyoba facial wash, dulu aku mikirnya gamungkin dong terus-terusan pake sabun mandi sekaligus dibuat wajah?
Nah dalam proses trial error ini.. segala permasalahan wajah terjadi huhuhu. Yang pastinya membuat stress dan frustasi.
Mulai dari jerawat, beruntusan, kusam, kulit kemerahan, dan lain-lain. Kemudian terus berlanjut hingga aku SMA. Jadi bergantian gitu, kek pasang-surut, sembuh-kambuh lagi-sembuh-kambuh lagi. Ditambah, diumur segitu, hormon sedang gak stabil banget, ya kan? Makinlah jadi kulitku super sensitif.

Sampai aku datang ke praktek dokter SpKk (Spesialis Kulit dan Kelamin) tapi bukan yang di klinik-klinik kecantikan ya.. aku sama sekali belum pernah ke klinik kecantikan, karena dari banyak review yang aku baca, gak semua konsultan yang di klinik kecantikan itu dokter SpKK.

Sekalipun kliniknya sudah besar dan banyak cabang di banyak kota loh Babys, beberapa review mengatakan meskipun di klinik besar sekalipun dan mereka meng-klaim bahwa konsultannya itu dokter SpKK, tapi masih banyak yang prakteknya itu ujung-ujungnya memaksa pelanggan untuk membeli produk/paket produk dari klinik tersebut dan terus melakukan treatment—yang efeknya apa? Ketergantungan. Jadi kalau misalkan habis treatment dan menggunakan produk tersebut, lalu tiba-tiba ingin berhenti, akan menimbulkan efek yang cenderung merugikan. Kan sayang kulitnya Babys.

Maka dari itu aku memilih menggunakan produk-produk drugstore dan merawat kulitku dengan caraku sendiri. Eh tapi disini aku tidak melarang kamu melakukan treatment apapun loh ya ehehe.. boleh-boleh aja kalau memang itu cocok buat kamu. Untuk sekedar facial mah gapapa... yang penting satu, cocok!

Terus gimana cara untuk men-treatment diri sendiri dari permasalahan jerawat?
Dari pengalamanku yang menghadapi pasang-surut jerawat, aku merangkum 5 tips ampuh nih:

1. Air


Menurutku ini salah satu koentji penting! jangan bosen-bosen untuk mendengar betapa bermanfaatnya minum air. Tapi pastikan air yang kamu minum itu air biasa ya, bukan air dingin/es, kalau hangat, boleh, malah bagus.. hihi
Jadi dulu aku sampai bikin catatan di Handphone, baik notes yang aku buat wallpaper maupun notes yang aku taroh di belakang case HP. Sebegitunya biar aku gak lupa minum air. Untuk banyaknya, butuh berapa liter? Semampu kamu. Kenapa? Karena kemampuan tubuh seseorang dalam menampung air itu beda-beda~

Saranku sih, dalam sehari itu minimal 1.5liter lah~. Pelan—dan perlahan aja, lama-lama tubuh kamu akan menyesuaikan. Aku dulu memulainya dengan salah, karena langsung pasang target 2.4L. alhasil, gak kuat, dan akan sangat maksa kalau mau menuhin target. Akhirnya aku minum semampunya, dan syukurlah sekarang aku sudah terbiasa. Jadi pelan—perlahan, tapi pasti!

2. Double Cleansing




Jangan sepelekan ini juga ya Babys.. kebersihan adalah nomor satu dalam per-skincare-an sebelum menerima manfaat dari berbagai jenis skincare. Gak perlu muluk-muluk harus oil-clenaser tiap hari kok! (malah menurutku gak bagus juga kalo oil-cleanser tiap hari)
Cukup cleanser ringan seperti milk cleanser ataupun micellar water. Baru kalau merasa bener-bener kotor, boleh diulangi lagi memakai cleansernya atau dapat menggunakan oil-cleanser dan/atau cleansing tool.

Baca juga ya Babys Review Cleansing Tool Miniso

3. Vitamin C



YES!! Vitamin C. Jadi selama aku research dan baca sana-sini, banyak yang bilang kalau selain mengkonsumsi air yang banyak, mengkonsumsi vitamin c secara rutin juga membantu proses penyembuhan dan pemulihan masalah kulit. Kamu bisa mengonsumsi langsung buah ataupun sayur yang mengandung banyak vitamin C, atau kamu juga boleh mengkonsumsi vitamin C yang sudah ada dalam bentuk tablet yang dijual legal di apotek maupun toko swalayan ya, Babys.

Gak perlu yang ‘sangat bermerk’ kaya Blackmores.. cari merk-merk yang mudah untuk kamu temukan di apotek terdekat. Atau bahkan toko deket rumah kamu, Vitacimin misalnya. Atau merk IPI. Banyak kok alternatifnya.
Dan dalam sehari, cukup mengkonsumsi 100mg, ya. Itu dosis normalnya.

4. Menjaga Pola Makan


Tips ampuh yang keempat nih Babys.

Ingat, kulit mempresentasikan apa yang kamu konsumsi. Jadi harus pintar dan selektif memilih jenis makanan apa yang akan kamu konsumsi. Disini aku gak memberikan pantangan apapun kok!
Seperti pantangan memakan gorengan dan cemilan lain. Jujur memang susah huhu, tapi dulu aku menyiasatinya dengan minum air lebih banyak, kan abis mengkonsumsi minyak-minyak tuh
Namun memang alangkah lebih baiknya kalau kamu mengurangi makanan seperti gorengan—yang tadi sudah disebutkan, cokelat, susu, dan kacang maupun olahannya ya~

5. Menjaga Pola Tidur



Nah, siapa nih yang hobinya begadang sambil maraton liat drama korea? Babys, aku tau ditengah pandemi seperti ini memang kalau udah nonton drakor suka lupa waktu. Tapi, jangan sampai begadang juga ya. Alangkah baiknya kamu tidur tidak lebih dari jam 10malam ya!
Selain menimbulkan kantung mata hitam dan besar, begadang juga banyak membawa dampak negatif bagi tubuh, gak terkecuali juga buat kulit. Jadi pastikan kamu tidur dengan cukup ya!


Nah, itu dia Babys 5 cara ampuh mengatasi jerawat ala aku yang selama ini sudah aku terapin dan alamin sendiri! Tentu saja dengan menjaga dan mengaplikasikan skincare dengan benar serta rutin, juga yang gak kalah penting adalah doa dan konsistensi!


Gimana? Kamu belum menyerah untuk mengalahkan si jerawat ini kan Babys?





Semoga bermanfaat,
All regards and love, see you when I see you Babys!💛

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter