Diet Kalori Turun Hingga 1kg Dalam Seminggu? Ini Panduannya!

Bonjour Babys!

Siapa disini yang lagi berencana diet? Dari berbagai jenis diet, sudahkah kamu tahu tentang diet kalori?

Apasih diet kalori itu?


Secara singkatnya, diet kalori yaitu diet dengan membatasi atau mengurangi asupan kalori dalam satu harinya. Nah, kalori sendiri digunakan tubuh kita untuk dijadikan energi. Walaupun kebutuhan kalori tiap orang itu berbeda-beda, melansir dari Alodokter, tiap harinya perempuan dewasa membutuhkan asupan energi rata-rata 2.000 kalori, dan pria dewasa sebanyak 2.500 kalori.

Jika dalam satu harinya mengkonsumsi lebih dari asupan kalori yang dibutuhkan tubuh, sisanya akan disimpan sebagai lemak. Itulah salah satu faktor yang membuat berat badan naik. Untuk melakukan diet ini, banyak yang menyarankan mengkonsultasikan dulu dengan dokter gizi.

Namun sekarang kamu juga bisa menghitung kalori dari makanan kamu sendiri mengggunakan aplikasi seperti Lose It, My Fitnesse Pal, dsb.

Apa manfaatnya?

Tentu saja membantu kamu menurunkan berat badan, Babys. Selain itu, diet kalori ini juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana caranya?

Karena konsep dari diet kalori ini adalah membatasi atau mengurangi asupan kalori, untuk perempuan dalam satu harinya bisa mengkonsumsi sebanyak 1.000-1.500 kalori sedangkan untuk pria sebanyak 1.500-2.000 kalori. Dengan begitu, sama saja sudah mengurangi sebanyak 500 kalori per hari, dan bisa membantu menurunkan 0,5-1kg dalam waktu seminggu. Lumayan banget kan Babys?

Tapi ternyata bagi beberapa orang, angka tersebut dirasa masih kecil dan kurang, maka dari itu mereka makin mengurangi konsumsi kalori mereka. Dan ini merupakan tindakan yang kurang bener loh Babys!

Melakukan diet kalori rendah, banyak membawa dampak dan efek samping yang merugikan lho. Karena menurut ahli gizi, Michelle Davenport, Ph.D, perempuan aktif membutuhkan minimal 1.200-1.400 kalori per hari. Ditambah kalau kamu aktif berolahraga, kamu bisa menambah asupan kalori kamu yang terbakar pas olahraga tadi.

Baca juga ya Babys 6+ Makanan Detoks yang BantuTubuhmu Keluarkan Racun! Tertarik Coba?

Tips melakukan diet:

1. Banyak minum air putih


Jangan bosen-bosen denger kalimat ini ya Babys! Hihi, memang gak bisa dipungkiri kalau air putih ini banyak banget manfaatnya. 

Jadi kalau kamu rutin minum air putih kira-kira 30 menit sebelum makan, rasa lapar kamu akan berkurang dan kamu bisa jadi mengkonsumsi makanan lebih sedikit. Terus, rajin minum air putih sebanyak ±2liter tiap harinya, bisa membakar kalori kamu sebanyak 96kalori.

2. Hindari Minum jus buah dalam kemasan dan soft drinks

Kenapa? Karena biasanya minuman jus buah kemasan dan soft drinks ini sudah ada tambahan gula yang cukup banyak tiap kemasannya. Menurut penelitian, hal itu sangat mungkin menyebabkan kelebihan berat badan bahkan obesitas lho!

3. Makan makanan berpotein lebih banyak

Menambah asupan protein akan membantu tubuh untuk bermetabolisme serta membantu membatasi nafsu makan. Selain itu, cara ini termasuk cara sederhana namun paling efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Kurangi makan karbohidrat

Sebisa mungkin mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh, terutama karbohidrat sederhana dan karbohidrat yang berasal dari makanan atau minuman manis. Hal ini juga baik untuk penderita diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Penelitian juga menunjukkan kalau menjalani diet kalori dengan membatasi asupan karbohidrat dalam waktu 12 bulan lebih efektif menurunkan berat badan dan kadar trigliserida dalam darah dibandingkan melakukan diet rendah lemak lho!

5. Olahraga yuk!


Karena terjadi pengurangan asupan kalori karena menjalankan diet ini, tubuh juga akan mengurangi kalori yang akan dibakar dan tingkat metabolisme juga akan berkurang. Hal ini juga mengurangi massa otot kamu, jadi sangat disarankan menjalankan olahraga seperti jalan kaki, jogging, squat, dsb.

Tapi sesuaikan olahraga ini dengan asupan kalori kamu ya Babys! Supaya kamu gak kekurangan asupan dan merasa lemas bahkan kelelahan.

Ada efek sampingnya?

Yup, layaknya diet lain pada umumnya, diet kalori ini juga punya efek samping yang mungkin akan dialami seperti pusing, mual, sakit kepala, ataupun susah buang air besar. Juga, gak semua orang cocok melakukan diet ini. Ya~ diet ini juga kayak make skincare ya Babys, cocok-cocokan, hihi.

Jadi gimana Babys? Tertarik coba diet kalori ini?

 

Semoga bermanfaat,

All regards and love, see you when I see you Babys!💛

Adinda
just a simple blog managed by lil girl who love to write✨ Hit me up on instagram: @adindanlp

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com
Subscribe Our Newsletter